EDUKASI

Khana Srikandi Jepara, Salah Satu Pelaku UKM di Kartini Mandiri

Krapyak Jepara, MediaKontroversi. Co. Id

Khana gadis desa Krapyak, kecamatan tahunan kabupaten Jepara, adalah satu pelaku usaha UKM Kartini Mandiri yang sudah dikukuhkan oleh bupati jepara.

Khana bertutur kepada Reporter Kontroversi yang singgah di workshop tempat dia berjualan dan membuat produk UKMnya yang bernama Snack Khana, Rabu 05/05/21, Saya senang dengan berjualan (usaha) dengan logat khas Jepara nya yang agak kental, Sedari kecil saat masih sekolah SD (MI) saya suka membawa dagangan untuk jualan, walaupun saya suka dimarahi guru, Kadang dagangan saya simpan ditas, biar tidak ketahuan, Kenangnya sambil tersenyum.

Ikut didunia UKM ini Khana mengaku belum lama ikut bergabung, karena dia sebelumnya belum mendengar gaung UKM, Tapi setelah tau dan melihat Khana sangat apresiasi dan ikut gabung dan masuk kelompok UKM.

Menurut Khana selain pameran dan jual ditoko Snack Khana, Saya juga berjualan online, tapi kadang dionline sulit untuk pengantarannya, Kadang konsumen suka komplain karena pesannya rusak dalam perjalanan, Tuturnya.

Kana dan hasil produknya

Kadang saya harus anter sendiri pesanan lewat online, Sekali kali bisa saya anter, tapi saya juga harus produksi produk dan jaga toko, adasih saudara buat karyawan, liburnya 1 hari, nambah liburnya bisa 5 hari, Imbuhnya sambil tertawa.
Ditambah sekarang ini mau lebaran, Alhamdulillah order dari lingkungan sekitar desa Krapyak banyak, hanya saja saya jadi keteteran.

Beruntung juga sih order dari online agak sepi, jadi saya bisa produksi lebih banyak lagi dan fokus didesa.

Yah begitulah Mas ceritanya, waktu saya kuliah saya juga suka jual online dan banyak orderan dari teman kampus, sekarang mungkin karena saya jauh dari kota besar, jadi mungkin Online saya kurang ramai, tuturnya.

Khana pun mengatakan
Teman teman saya dikelompok UKM sangat membantu, baik itu moril dan materil, Saya sering dinasehati oleh para senior yang baik baik dan semuanya mendukung usaha saya.

Saya dan teman teman pelaku UKM berharap, Pemkab. Jepara mau menyediakan galeri UKM di pemda, agar produk UKM setiap hari bisa terlihat di pemerintahan Jepara.

Kami sebagai pelaku UKM akan berusaha untuk menjaga produk kami agar tetap kreatif dan bersaing dengan olahan pabrikan dan menjaga mutu produk kami, sehingga kami bisa memberikan produk yang baik buat masyarakat, tutupnya. @Once

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button