NASIONAL

UPAYA KADES LINGGASARI BANYUMAS DENGAN POLA PENGEMBANGAN SDM MENUJU KEMANDIRIAN DESA

Banyumas, MediaKontroversi. Co. Id

Tekad dan Pengabdian tanpa ditunjang kinerja yang maksimal untuk mewujudkan visi dan misi suatu pengelolaan tata pemerintahan desa sangat mutlak dan senantiasa dilaksanakan oleh para aparatur tata pemerintahan desa tanpa terkecuali.

Sehubungan dengan adanya tata kelola kelembagaan pemerintahan desa yang ada di beberapa wilayah Provinsi Jawa Tengah khususnya pada Kabupaten Banyumas sangatlah jelas adanya suatu pergerakan dan perubahan menuju kearah yang lebih baik, seperti beberapa langkah dan upaya yang dilakukan oleh Ketua Parkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Banyumas, Tuti Irawati yang selalu mengedepankan aspek pengelolaan desa yang mandiri dan sesuai dengan regulasi baik yang telah ditetapkan Pemerintah baik Pusat, Pemerintah Provinsi maupun tingkat Kabupaten agar selaras dan berkesinambungan.

Senada dengan itu, Tuti menyampaikan pula bahwa terkait dengan beberapa tugas dan fungsi pokok dari aparatur tata pemerintahan desa hendaknya selalu berkonsultasi kepada OPD/SKPD di tingkat kabupaten dalam menjalankan progress kegiatan-kegiatan yang ada di desa baik kepada Camat, Dinpermades, Inspektorat sampai kepada Bupati terkait garis koordinasi dalam pengelolaan tata pemerintahan desa yang ada.

“Kita sebagai pelayan masyarakat dan pengelola tata kelola kelembagaan pemerintahan yang ada di desa hendaknya selalu kedepankan aspek tertib kerja dan taat pada aturan regulasi yang telah ditetapkan sebagai standar operasional prosedur dan pelaksanaannya agar terhindar dari unsur adanya maladministrasi dan terbebas dari permasalahan hukum”. Tambah Tuti saat ditemui awak media di Kantornya yaitu Kantor Desa Linggasari Kecamatan Linggasari Kabupaten Banyumas. Senin (03/05/2021).

Dalam kesempatan itu pula, Tuti selalu berupaya melakukan koordinasi dengan para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Banyumas mengenai sumber adanya informasi, kemudian memberikan arahan serta motivasi kepada para Perangkat Desa lainnya dalam melaksanakan tugas secara dinamis dan terarah.

“Mengenai adanya langkah, upaya dan mekanisme yang telah dilaksanakan oleh Desa yang ada di Kabupaten Banyumas hendaknya selalu saling memberi dukungan, sosialisasi dan pembinaan teknis oleh instansi terkait agar senantiasa tertib administrasi dan pengelolaannya’. Tandas Tuti.

Harapan semuanya bahwa Desa adalah institusi tata pemerintahan terendah harus selalu mengedepankan aspek koordinasi beberapa lini dalam tata kelolanya sehingga akan mewujudkan masyarakat yang dinamis menuju kemandirian desa sesuai dengan wujud pengabdian swadaya masyarakat yang adil dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. @Singgih

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button