EDUKASI

Seperti apa sih Pemimpin yang baik itu?

Catatan Pinggir bang -Zt.20

Media Kontroversi – Saat ini, celotehan tentang kepemimpinan dan membanding-bandingkannya satu tokoh dengan tokoh yang lain luar biasa maraknya. Memang jadi pemimpin yang baik itu tidaklah mudah. Pemimpin yang baik itu bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah-marah, dan yang ditakuti, dan bukan pula yang lembek, tidak punya prinsip, keputusannya tergantung pada yang kuat dan yang mempengaruhinya… Tapi pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang mampu memimpin dengan gayanya sendiri, staf/ pengikutnya patuh dan taat pada kebijakannya serta dilaksanakan dengan sepenuh hati untuk suatu tujuan dan kemaslahatan yang lebih besar.

Setidaknya pemimpin yang baik itu mempunyai karakter sebagai berikut :
1. Karismatik.
Dengan karismatiknya, ia mudah mengarahkan staf/pengikutnya,
yang tidak karismatik akan kesulitan mengarahkan staf/pengikutnya.

2. Punyai integritas.
Pemimpin harus punya integritas dalam memimpin. Harus setia terhadap nilai-nilai yang ditanamkan kepada staf/pengikutnya.

3. Punyai dedikasi.
Pemimpin yang berdedikasi akan mengerjakan visinya dengan kerja keras dan penuh semangat. Dedikasi yang dia kerjakan akan ditularkan kepada staf/pengikutnya.

4. Bisa mengambil keputusan.
Pemimpin harus bisa dan berani mengambil keputusan secara cermat. Untuk dapat mengambil keputusan secara cermat pemimpin harus memperhatikan banyak aspek dalam memutuskan.

5. Mau membantu.
Pemimpin yang baik harus mau membantu memecahkan masalah yang dihadapinya.

6. Bekerja tidak hanya memerintah.
Pemimpin yang baik mau mengerjakan hal-hal yang dihadapi staf/pengikutnya. Tentu saja dia akan mengerjakan sesuai porsi yang dia bisa kerjakan.

7. Mau mendengarkan.
Pemimpin yang baik harus mau mendengarkan masukan dan keluhan dari staf/pengikutnya. Pemimpin tidak harus setuju terhadap pendapat dari staf/pengikut, tetapi harus menghargai setiap pendapat.

Demikian, semoga bermanfaat! (- Zt.20)

BACA JUGA   EFEKTIVITAS PELAYANAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button