EDUKASI

FIRAUN Panik Karena Mimpi

Media Kontroversi – Dalam Al-Quran, Allah Swt. mengisahkan tentang sesorang yang panik karena mimpinya……
Kisah itu tentang Firaun laknatullah yang bermimpi melihat api yang keluar dari Syam (Baitul Maqdis) ke Mesir, dan membakar seluruh kekuasaannya, tetapi ada tidak terbakar yakni rumah-rumah Bani Israel.

Ikwal mimpi tersebut Firaun segera mengumpulkan paranormal dan menceritakan perihal mimpinya. Mendengar certa mimpi Firaun ter sebut, paranormalnya pun menyimpulkan bahwa mimpi itu ikwal akan hilangnya kerajaan Firaun dan yang menghilangkannya dari Bani Israel.

Mendengar kesimpulan paranormalnya membuat Firaun panik, dan akhirnya Firaun pun membuat keputusan yang tak lazim yakni membunuh seluruh anak laki-laki yang lahir dari kaum Bani Israel.

Kepanikan Firaun semakin luar biasa, ia semakin kehilangan akal sehat. Dia pikir takdir Allah Swt. bisa dilawan…….

“Cuma orang yang bodoh, yang mau melawan takdir Allah”.

“Kepanikanlah membuat seseorang kehilangan akal sehat, dengan tidak sehatnya akal, maka seseorang akan menjadi bodoh dalam memutuskan sebuah perkara”.

kepanikan Firaun vs Virus Covid 19

dan kita Saat ini Allah SWT lagi mengingatkan kita dengan kehadiran ” Virus Covid 19″ diseluruh muka bumi.

Bagi seorang yang beriman, kondisi seperti ini tidak akan membuat dia panik, karena ia percaya akan takdir yang sudah Allah Swt. gariskan.

Ali bin Abi Thalib Ra.pernah berkata :
“Orang yang ridho dengan musibah atau dengan peristiwa yang tidak mengenakan maka dia itu telah mencapai derajat tinggi dalam keimanan. Karena ridho dengan takdir Allah yang terjadi maka orang beriman tidak perlu gelisah” Justru itu akan menunjukkan seperti apa level keimanan kita.

Ummar. Ra. pernah menulis surat kepada Abu Musa Al Akari dan mengatakan : “Ridho itu adalah seluruh kebaikan kalau kamu tidak bisa maka bersabarlah”.
Artinya setelah sabar maka ridholah akan ketetapan dari Allah Swt.

BACA JUGA   Tips Bisnis Anda Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Corona

Kalau mendapat musibah langkah-langkah yang haruslakukan adalah :
1. Sabar
2. Menguatkan diri dengan tawakal
3. Ridho

“Sesungguhnya di dunia itu ada surga, siapapun yang belum memasukinya maka dia tidak bisa masuk jannah akhirat. Manusia bisa masuk Jannah karena Ridho dari Allah Swt.”

Seharusnya Musibah ini kita jadikan sebagai bermuhasabah, sehingga musibah ini tidak berkepanjangan (zt.20)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button